Antara Hijab dan Gamis di Indonesia

Baju atau busana muslimah yang lebih dikenal dengan sebutan hijab sudah lama dikenal di negeri ini. Tak heran karena memang mayoritas bangsa Indonesia adalah muslim. Namun memang ada cara pandang yang berbeda dari masa ke masa tentang busana muslim. Bahkan ada istilah macam-macam untuk menyebut satu jenis baju ini. Ada yang suka menyebut hijab terbaru dengan nama gamis modern tapi ada juga yang menyebutnya gamis modis dan sebagainya.

Dahulu wanita muslim yang menggunakan gamis sering dikatakan jadul atau tidak modis karena model baju muslim dan kerudung yang mereka pakai tidak asik di pandang dan terlihat begitu ngga modis, kedodoran dan sederhana. Akan tetapi dengan perubahan zaman yang juga semakin maju dan modern, design baju kurung juga turut ikut menjadi berganti dengan cepat dan pesat. Sekarang setiap muslimah bebas memilih model kerudung atau hijab yang cocok dan sesuai dengan selera fashionnya dan pas dengan berubahnya zaman. Wanita muslim yang mengenakan jilbab atau berhijab kini mungkin akan makin kelihatan trendy dalam berfashion dan semakin cantik dengan gamis atau hijabnya sebab sekarang model jilbab yang bisa di pilih makin bermacam-macam, mulai dari yang sederhana sampai yang bergaya muter-muter dengan metode penggunaan yang ribet dengan menggunakan jarum-jarum pun ada.

Jilbab dan hijab merupakan alat untuk menutup aurat kaum wanita muslimah supaya kaum hawa terlindungi dari berbagai hal yang tidak diinginkan, sebagaimana yang sudah dijelaskan di kitab Al Quran. Dahulu kala, kultur penggunaan jilbab sangat dipengaruhi oleh warna budaya masing-masing daerah, wilayah dan negara.

Indonesia memang unik. Meskipun yang muslim sangat dominan tapi warga negara Indonesia banyak yang ogah memakai jilbab kecuali ibu-ibu majelis taklim. Hal itu karena mungkin buat mereka memakai hijab dianggap masih kampungan atau nggak bisa update gaya busana.

Namun yang menarik sekarang budaya hijab semakin diterima di Indonesia dan kini bermunculan perancang-perancang fashion muslim yang semakin banyak. Ada yang baru mengawali karirnya sebagai perancang jilbab dan hijab ada yang hijrah dari perancang konven ke perancang pakaian muslim.
Efeknya adalah semakin banyak artis di negara kita yang sekarang juga mengenakan hijab. Karena ngga ada lagi cibiran menggunakan hijab menjadikan penampilan menjadi kuno.

Malah sekarang trend hijab sedang bagus-bagusnya contohnya ada berbagai macam fashion show kondang yang bernuansa islami dan cerdas bahkan banyak juga seleb muda dan selebritis senior yang juga berhijab namun tetap nampak sangat modis. Seperti bisa anda cek di toko gamis cantik ini.

Fenomena yang ditampilkan oleh kalangan jetset dan seleb-seleb itu kini menjadi inspirasi dikalangan muslimah di Indonesia. Dengan mengenakan busana semacam gamis dan jilbab atau baju muslim kini ngga perlu lagi minder atau kurang percaya diri lagi. Disamping mengenakan busana semacam gamis dan jilbab atau baju muslim merupakan hal yang wajib bagi semua kaum muslimah. Kini memakai baju muslim yang tertutup pun tetap bisa tampil trendy dan menarik.

Sangat berbeda dengan jaman dulu, karena kini sudah banyak designer baju dan busana muslim di Indonesia.

gamis hijab modern

Ole karena itu kini muncul banyak sekali varian hijab yang modis dan trendi, dan menjadi trend setter baju muslimah.
Diantara jenis hijab yang kerap dipakai antara lain adalah jilbab segiempat, gamis kelelawar, atau juga jilbab lengan praktis langsung dipakai. Beragam pilihan tersebut semakin membuat mudah muslimah ketika memilih busana apa yang paling sesuai dalam kesehariannya.

Indonesia kini juga menjadi trend setter hijab bukan cuma untuk dalam negeri saja tapi juga hingga keluar negeri dan manca negara. Hal tersebut dikarenakan sekarang sangat banyak designer hijab Indonesia yang mampu menghasilkan trend-trend busana muslimah yang baru.

Menurut Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saidah, terdapat 20 jutaan penduduk Indonesia yang kini menggunakan hijab. Hal tersebut sangat cocok dengan perkembangan industri busana muslim yang 7% tiap tahunnya. Sehingga tak perlu heran jika Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bermimpi dapat mengembangkan iklim busana muslim Indonesia tak sebatas hanya di dalam negeri, tapi bisa ke keluar negeri

Susilawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *