Belajar Mengenal Rangkaian dari Arus Lampu LED

Melihat dari spesifikasinya saja, yang namanya lampu LED ini pada dasarnya selalu memancarkan sebuah gelombang cahaya dalam gelombang tunggal yang panjang, atau bisa dikatakan juga dengan sebuah frekuensi tunggal.

Akan tetapi, sesungguhnya lampu LED ini bisa memancarkan sebuah gelombang cahaya dalam area gelombang yang panjang. Daerah inilah yang kemudian disebut juga dengan panjang gelombang. Umumnya, lampu ini memiliki panjang gelombang dari 20 nm sampai dengan 100 nm.

Konversi di antara panjang gelombang dengan bandwidth ini bisa dituliskan dalam sebuah rumus   ∆f/f = λ/∆ λ.

Dalam hal ini, spectrum cahaya untuk lampu LED infra red di atas bisa ditunjukkan sebuah contoh spectrum dari lampu LED infra red yang telah beroperasi dalam panjang gelombang tengah sebesar 820 nm, dimana panjang gelombangnya tersebut diambil dari titik daya setengah daya.

Tegangan Arus Lampu LED

Lampu ini pada dasarnya memiliki penurunan tegangan umumnya sebesar 1,5 vold sampai dengan sebesar 2,5 volt untuk arus yang dihasilkan di antara 10 mA sampai dengan 150 mA. Sementara untuk lampu LED itu sendiri memiliki pancaran radiasi yang arusnya mencapai 10 mA sampai dengan 50 mA. Sedangkan untuk LED infra red ini mampu menghasilkan arus sebesar 150 mA.

Disamping parameter tegangannya, parameter arus LED ini sangat menentukan sekali terhadap kecerahan dari lampu LED itu sendiri. Karena lampu ini memiliki hambatan yang lebih kecil, sehingga diperlukan tahanan seri pada LED untuk membatasi bagian LED.

Yang pasti, lampu ini pada dasarnya bisa menciptakan sebuah kualitas cahaya yang sangat sempurna untuk setiap nuansanya. Dari sebuah cahaya yang bernuansa romantic di malam hari yang santai, sampai dengan cahaya yang cerah yang dapat membuat objek khusus menjadi lebih terang.

Jadi, bisa dibilang bahwa lampu ini pada dasarnya mampu memberikan apa saja yang Anda butuhkan. Karena, lampu ini dapat dipakai untuk ruangan dapur, kamar tidur, ruang tamu, dll. Sehingga, Anda bisa menikmati warna alami dari ruangan tersebut dengan lebih baik.

Ani Dwijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *