Cara Ampuh Membersihkan Tempat Cuci Piring Stainless Steel

Cara Ampuh Membersihkan Tempat Cuci Piring Stainless Steel

Saat ini material dari stainless steel atau baja anti karat sudah banyak digunakan untuk peralatan dapur, kehadiran perangkat dapur seperti tempat cuci piring stainless steel dapat menjadikan dapur tampak semakin mewah. Namun, peralatan dapur dan tempat cuci piring yang berbahan stainless steel perlu perawatan ekstra agar tidak menimbulkan bercak dan kehilangan kilaunya. Kandungan kromium dalam stainless steel akan bereaksi terhadap oksigen di udara yang nantinya akan membentuk lapisan pelindung yang dapat mencegah karatan dan mengurangi resiko bercak-bercak menjadi permanen. Ketika permukaan pada tempat cuci piring stainless steel tertutupi dengan minyak dan kotoran sisa makanan maka reaksi tersebut tidak dapat berlangsung sehinga permukaannya akan menjadi lebih mudah berkarat. Dengan begitu, untuk mencegahnya Anda perlu membersihkan wastafel cuci piring secara intensif.

Untuk membersihkan tempat cuci piring stainless steel dengan mudah, Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia keras yang sebenarnya dapat memperburuk kondisi wastafel. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan cairan yang mengandung bahan yang bersifat abrasif dan dapat menyebabkan kerusakan pada wastafel cuci piring. Untuk saat ini sudah tersedia cairan pembersih ampuh aman yaitu Sunlight yang dapat digunakan untuk membersihkan wastafel cuci piring dengan mudah. Untuk proses pembersihannya, Anda perlu mengikuti arah serat pada stainless steel ketika mengelap dan menggosok serta utamakan bagian kecil yang tersembunyi. Gunakan sarung tangan karet agar kulit Anda tetap terlindungi.

Jika terdapat noda membandel dan bercak pada tempat cuci piring stainless steel, gunakan semprotan pembersih kaca yang berfungsi ganda sebagai cairan pembersih untuk menghilangkan bercak air dan bekas sidik jari. Semprotkan cairan tersbut pada permukaan wastafel cuci piring kemudian usap dengan kain mikrofiber, lalu bilas dan keringkan menggunakan lap kering. Untuk menghilangkan sisa makanan dan noda yang menempel terlalu lama pada permukaan stainless steel, Anda dapat menggunakan cairan pembersih stainless steel dengan menggosokkan spons lembut atau sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau langsung oleh tangan. Noda membandel pada permukaan wastafel stainless steel dapat Anda berantas hanya dengan menggunakan bubuk soda kue, caranya dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk soda dengan sedikit air untuk dijasikan pasta kental, kemudian oleskan merata pada bagian noda dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, gosok menggunakan kain lembab lalu bilas hingga bersih dan keringkan.

Peralatan dapur seperti tempat cuci piring stainless steel memang memberikan dapur terlihat mewah dan memukau, namun untuk merawatnya dibutuhkan perawatan khusus agar wastafel cuci piring tetap bersih dan berkilau serta terhindar dari noda bercak yang membuatnya kusam. Bahan material stainless steel merupakan bahan dari besi baja anti karat yang mengandung kromonium. Untuk peralatan dapur dan wastafel cuci piring berbahan stainless steel, bahan baja anti karat yang digunakan mengandung kadar kromium 10% dan kemampuan tahan karat dari terbentuknya lapisan film oksida kromium, karena fungsi dari lapisan oksida ini dapat menghalangi proses oksidasi besi. Meskipun tempat cuci piring berbahan stainless steel memiliki ketahanan anti karat, namun stainless steel tidak tahan terhadap noda seperti kerak air. Perlengkapan berbahan stainless steel harus sering dibersihkan secara teratur agar tidak sampai kusam dan menimbulkan bintik hitam yang nantinya akan menimbulkan karat pada peralatan dapur Anda.

Sukma Dinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *