Hewan Kecil di Sekitar Kita

Banyak hewan kecil di sekitar kita yang anda harus tahu apa manfaat dan bahayanya, penjelasan berikut ini mungkin berguna untuk anda, hewan kecil (dua) itu adalah:

  1. Semut, merupakan serangga sosial, yang hidup berkoloni, sama pada system koloni rayap pada koloni semut juga ada pembagian tugas yang jelas antara semut pekerja, semut pejantan dan ratu semut. Manfaat semut antara lain: menggemburkan tanah, pengurai, menjadi predator alami bagi kutu ataupun kepik yang ada pada tumbuhan, bahkan yang terkini semut jepang bermanfaat untuk kesehatan. Ada cara alami untuk mengusir semut, diantaranya dengan menggunakan daun sirih yang ditumbuk kemudian disebar di sarang atau jalur semut, atau dapat juga dengan menaburkan kopi di dua tempat tersebut. Daun sirih dan kopi merupakan penghasil aroma yang kuat yang dapat mengacaukan “sinyal” semut. Tapi bila semut di rumah anda keberadaannya sudah menjengkelkan, anda dapat mengandalkan jasa pembasmi semut.

  1. Nyamuk , adalah serangga bersayap yang dapat terbang dan dapat menghisap darah mamalia melalui alat yang ada di mulutnya. Dengan cara itu lah nyamuk dapat menularkan penyakit kaki gajah, malaria dan demam berdarah dengue. Sebenarnya sangat mudah memberantas atau mencegah nyamuk bersarang di rumah kita. Melalui program 3M. Mengubur barang-barang yang tak terpakai, jangan sampai ada air bersih tergenang, jangan ada pakaian yang menggantung. Anda juga dapat meletakkan pot yang berisi tanaman wangi di dekat jendela atau pintu rumah seperti: kemangi, daun sereh, krisan, rosemary, dll. Tapi jika sampai ada di rumah anda atau tetangga anda yang sudah terjangkit demam berdarah, maka sudah saatnya anda memakai jasa fogging, bisa minta layanan fogging ke puskesmas atau pun memakai jasa fogging swasta. Biasanya selain menyediakan layanan fogging, pihak swasta ini juga menyediakan layanan lainnya terkait pest control, seperti: jasa pembasmi tikus, jasa pembasmi rayap, jasa fumigasi, jasa pembasmi lalat, jasa pembasmi kecoa, jasa pest control, jasa pembasmi serangga dan sebagainya.

Nah, itu tadi dua hewan kecil yang berada di sekitar kita yang berpotensi untuk menularkan penyakit. Tentang hewan kecil lainnya, akan dibahas pada kesempatan selanjutnya

Nonon Masruroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *