Menyaksikan Pesona Bukit Pengilon Di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul yang berada di di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sebuah bentang alam yang potensi wisatanya begitu luar biasa. Salah satu tetang bentang alam yang berisi begitu banyak objek wisata yaitu Gunung Api Purba Batur. Bukit Pengilon ini terletak di kaki gunung tersebut hingga kini ramai dibahas di media sosial.

menikmati pesona bukit gunung kidul

Pengilon Hill, Pantai Bukit Pengilon, serta Bukit Pengilen adalah beberapa julukan yang disematkan untuk wisata objek wisata di kaki Gunung berapai Purba Batur. Gunung itu dikatakan bahwa gunung aktif yang sudah sejak ribuan tahun tersebut masih nonaktif.

Bukit Pengilon yang berjarak sekitar 80 kilometer dari perkotan yang ada di Jogja. Rute untuk mencapainya bisa melalui jalan ringroad hingga Wonosari menuju Pantai Watu Lumbung sampai di Pantai Bukit Pengilon.

Keadaan di Bukit Pengilon yang kurang lebih sama seperti dalam keadaan di pantai yang berkarang terjal lainnya. Rerumputan menyelimuti permukaan bagian tanah sehingga bukit tersebut terlihat seperti padang rumput.

Adapun julukan Pengilon yang disematkan di bukit tersebut berasal dari sebuah monumen batu yang menyerupai cermin. Pengilon merupakan bahasa Jawa untuk benda cermin. Batu ini terletak di pinggir pantai yang membentuk pulau semenanjung kecil.

Pengunjung yang menyukai perpaduan antara perpaduan kaki gunung dengan angin khas Laut Selatan. Wilayah tersebut dirasa tambah unik dengan kehadiran sejumlah padang rumput yang cocok digunakan saat berkemah. Maka dari itu, tidak mengherankan jika para pengunjung nantinya dapat menemukan beberapa tenda yang berbentuk dome yang didirikan di atas lokasi puncak Bukit Pengilon. Dari atas puncak bukit, panorama Pantai yang bernamakan Wedi Ombo bisa dilihat begitu leluasa.

Keindahan dan kunikan Bukit Pengilon telah banyak diabadikan oleh wisatawan dalam bentuk berbagai foto maupun video. Foto tersebut tentang Bukit Pengilon bisa kita lihat di jejaring sosial Instagram alamat #BukitPengilon. Dari jejaring sosial tersebut, Bukit Pengilon yang di kenal dikenal oleh para pehobi penjelajah tempat wisata.

Tiket saat masuk Bukit Pengilon medio pada September 2017 adalah Rp 5.000,00. Pengunjung akan membayar retribusi parkir motor Rp 2.000,00 serta parkir mobil Rp 5.000,00. Di medan lokasi menuju lokasi wisata memang cukup sulit dengan tetapi sebanding dengan sebuah panorama indah yang bisa dinikmati dari pengunjung pengunjung di lokasi.

Sumber: Javaloka.com

Mimin Rosmiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *