Cara Pemupukan Kelapa Sawit dengan Benar

Tanaman kelapa sawit itu perawatannya termasuk gampang-gampang susah. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah kelapa sawit itu menyerap air sehingga daerah sekitarnya bisa tandus. Oleh sebab itu, kelapa sawit rentan terkena hama, jadi Anda harus sudah mempersiapkan diri. Cara pemupukan kelapa sawit pun juga tak boleh sembarangan. Dosis pupuk serta waktu pemberiannya pun bisa berbeda-beda antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. Perhatikanlah metode cara pemupukan tanaman kelapa sawit yang benar di bawah ini.

Panen kelapa sawit
kelapa sawit

Bersihkan dulu area tanaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dulu area tanaman kelapa sawit. Pembersihan di sini maksudnya menyingkirkan rumput liar atau alang-alang yang tumbuh di sekitar pohon kelapa sawit. Tujuannya supaya pemupukan bisa maksimal serta pertumbuhan tanaman pun bisa tumbuh dengan baik. Terkadang ada juga tanaman parasit yang bisa mengganggu pertumbuhan kelapa sawit. Jadi, pembersihan ini juga dimaksudkan supaya pupuk bisa meresap sempurna.

Kenali jenis pupuk terlebih dahulu

Cara pemupukan kelapa sawit yang harus Anda perhatikan adalah mengenali jenis pupuk terlebih dahulu. Pupuk untuk kelapa sawit itu ada yang berbentuk serbuk, cair dan ada juga yang harus disemprotkan ke tanaman. Selain mengenali jenisnya, Anda juga harus tahu berapa dosis pupuk yang akan diberikan ke tanaman. Jangan sampai Anda keliru memberi pupuk ke tanaman muda dengan dosis tinggi. Bisa-bisa tanaman kelapa sawit Anda bukannya tumbuh subur malah jadi mati.

 Mengetahui tempat penyebaran pupuk

Kemudian hal terakhir yang menjadi perhatian serta menjadi panduan Anda dalam pemupukan kelapa sawit adalah mengetahui tempat penyebaran pupuknya. Tidak semua pupuk untuk tanaman kelapa sawit itu diberikan ke dalam tanah. Ada juga yang diberikan pada ujung pelepah, bokoran dan ujung bokoran.

Panduan pemupukan kelapa sawit di atas harus Anda perhatikan dengan benar. Mengapa? Karena jika tidak, kelapa sawit pun tidak akan menghasilkan buah yang berkualitas tinggi. Jika ingin mendapatkan buah dengan kualitas baik, Anda tidak hanya menggunakan bibit unggul saja tetapi harus mengetahui cara pemupukan kelapa sawit dengan benar.

Sukma Dinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *